Donderdag 11 April 2013

TOURING GOWES JALUR CIKALONG TASIKMALAYA MENUJU PANGANDARAN

Salam Gowes...
     Mungkin tulisan ini sedikit membantu Bagi rekan" pehobi gowes sepeda yang ingin jelajah rute Cikalong menuju Pangandaran jalur Pantai Selatan...
     Pada Hari Sabtu, 23 Desember 2012, sekitar jam 13-15 sore, kami melakukan pengepakan sepeda ke mobil truk dengan jumlah 55 sepeda, yang disusun dua sap, kemudian pada jam 23- 24 malam minggunya, kami berkumpul lagi untuk persiapan berangkat ke Kecamatan Cikalong Tasikmalaya.
     Sekitar jam 23.45 malam, kami star dari depan BANK BJB Kuninan dengan menggunakan Bus Luragung bersama" Truk yang sudah ada Sepedanya menuju Cikalong Tasik...setelah menempuh perjalanan 4-5 jaman, kami mampir ke sebuah mesjid untuk sholat subuh dan rombongan melanjutkan lagi untuk menuju cikalong tasikmalaya, setelah sekian lamanya di perjalan barulah kami sampai di sebuah pantai yang namanya lupa lagi, disana kami sarapan pagi dulu yang sudah dipersiapkan sebelumnya...setelah itu kami melanjutkan lagi perjalanan dan akhirya sampailah kami di Kecamatan Cikalong Tasikmalaya. Setelah kami tanya" ke penduduk setempat, ternyata dari cikalong ke pangandaran jaraknya masih 85 km dan melihat medan jalan yang ruksak parah karena banyak dilalui kendaran truk pengangkut pasir, akhirnya kami sepakat naik bus lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Karang Tawulan (Pulau Karang) dan sekitar jam 8 pagi kami baru sampai ke Pulau Karang(Desa Kalapa Genep).
     Setelah menurunkan sepeda dan istirahat, kami mulai mempersiapkan pisik dan mental untuk gowes ke pangandaran...kami berkumpul dulu untuk berdoa dan saya memberikan penjelasan mengenai rute yang akan di tempuh, setelah semuanya siap barulah rombongan start yaitu jam 9an...
     Dari Pulau Karang (Desa Kalapa Genep) kami gowes menuju kecamatan Cijulang yang jarak tempuhnya kurang lebih 30 km...disana kami istirahat untuk sholat duhur. Setelah sholat istirahat dan sholat duhu, kami melanjutkan lagi perjalanan menuju  Desa Cikembulan, Desa Cibenda dan Parigi...dengan jarak tempuh kurang lebih 22 km.
     Setelah dari Desa Parigi, kami melanjutkan lagi perjalanan menuju Pantai Batu Hiu...disanan kami gowes memakai jalur Desa Bojong Salawe yaitu jalur Pantai yang pemandangannya sungguh mengasikan, gowes sambil melihat deburan ombak pantai selatan, dengan jarak tempuh kurang lebih 7 km.
     Setelah sampai di Pantai Batu Hiu, kami istirahat dan fhoto" untuk kenang" gowes jelajah batu hiu dan kami terus melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pangandaran dengan jarak tempuh kurang lebih 12 km... akhirnya setelah sampai Pangandaran sekitar jam 15-16 sore, kami istirahat ke sebuah rumah yang sebelumnya telah di pesan untuk istirahat bersama, kami memesan dua buah rumah dan rekan" yang ingin tidur bebas, akhirnya banyak yang memesan kamar masing". Perumahan di Pangandaran waktu musim liburan harganya mencapai Rp. 500.000,- per rumah...kalau hari" biasa harganya berkisar Rp. 400.000,-, karena semuanya kecapaian akhirnya kebanyakan rekan" banyak yang tidur pulas.
     Keesokan paginya, yaitu hari Minggu, 24 Desember 2012...kami gowes menuju Pantai Selatan untuk melihat matahari Terbit...berhubung cuaca kurang mendukung, jadi mataharinya terhalang oleh gumpalan awan...setelah dari pantai timur kami gowes menuju cagar alam pananjung langsung dilanjutkan menuju Pantai Barat Pangandaran...disana kami melakukan main bola bersama dan sebagian rakan" banyak yang berenang di Pinggir pantai.
     Setelah bermain" di pantai, akhirnya semuanya pulang lagi ke Penginapan untuk melakukan persiapan pulang ke kuningan dan setelah sholat duhur kami pulang lagi ke kuningan dengan menggunakan Bus Luragung dan Truk, yang sebelumnya kendaraan tersebut mengikuti kemi selama perjalanan gowes menuju pangandaran.
     Demikianlah gambaran Gowes Jalur Pantai Selatan Kec.Cikalong Tasikmalaya menuju Pangandaran, semoga bisa menambah wawasan khususnya bagi penulis dan umumnya pembaca artikel ini.